TI



ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER


Mungkin bagi kalian pernah mendengar bahkan ada yang sudah mengetahui tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer, nah kebetulan sekali saya ingin menjelaskan sedikit dari materi tersebut. Mengapa sih kita harus mempelajari Organisasi dan Arsitektur Komputer??? Sebagai salah satu mata kuliah bagi mahasiswa, khususnya di program studi “Teknik Informatika”. Maka kita sebagai mahasiswa untuk mengetahui bagaimana suatu komputer tersebut dapat bekerja dengan baik dan benar, mulai dari pengimputan data (memasukan data), kemudian di proses, sampai menghasilkan suatu output data (berupa hasil dari pemasukan data tersebut). Sebagai contoh kita memasukan sebuah kalimat melalui keyboard kemudian kalimat tersebut di proses di dalam CPU dan di keluarkan melalui monitor.


Pengertian Organisasi dan Arsitektur Komputer
  
Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori. Sedangkan Arsitektur Komputer yaitu merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi dari kebutuhan yang akan dibuat agar lebih cepat dan tepat dalam pembuatan yg di rencanakan. Arsitektur Komputer yang mempelajari atribut – atribut yang terkait dengan ilmu tekhnologi contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.


Organisasi danArsitektur Komputer juga memiliki perbedaan yaitu:

Organisasi Komputer

Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasi adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur Komputer

Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.


Struktur dan fungsi komputer :

-Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling         berkaitan. Ada 4 komponen utama dalam struktur komponen :

1. Central Processing Unit Komponen Utama Dari CPU à                     Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection 
2. Main Memory Komponen Utama Dari Memory à Internal                 Memory, dan External Memory
3.Input Output Komponen Utama Dari I/O à                                         Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4. System Interconnection Komponen Utama Dari SI à Bus                 data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.

- Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur. Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:

1. Pengolah Data (Data Processing);
2. Penyimpan Data (Data Storage);
3. Pemindah Data (Data Movement);
4. Kontrol (Control).

Dari pembahasan di atas telah di jelaskan bahwa, pelajaran organisasi dan arsitektur komputer ini sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk mempermudah dalam menjalankan sebuah komputer. Maka dari itu belajar organisasi dan arsitektur komputer diharuskan bagi seluruh mahasiswa Teknik Informatika agar dapat di mudahkan untuk bekerja di dunia kerja nanti. Demikianlah penjelasan singkat mengenai Organisasi dan Aesitektur Komputer yang dapat saya tulis, bila ada kesalahan kata,pengertian dan kekuranganya mohon dimaafkan karena saya masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran sangat saya harapkan pada kalian dan semoga bermanfaan amiiin.








Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel TI ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 02 September 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan TI
 

3 komentar: