CPU (Central Processing Unit)


            CPU memang sudah tak asing lagi bagi kita karena CPU adalah bagian dari komputer, tanpa CPU kompuer tida akan bisa berjalan bener ga guys? nah kali ini saya akan membahas tentang CPU yuk langsung saja.

Pengertian CPU
CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer untuk melakukan semua dari perhitungan matematika seperti  halnya kakulator hanya saja lebih cepat dalam pemrosesanya yang diperlukan oleh komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Dikarenakan komputer tidak dapat berfungsi tanpa CPU yang mungkin juga disebut sebagai prosesor tidak jarang terdengar orang merujuk ke CPU sebagai "otak" dari sebuah komputer. Jadi CPU adalah otak dari komputer. Kadang-kadang disebuthanya sebagai prosesor pusat, ada beberapa komponen di dalam CPU yaitu:
1.       Motherboard
Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen- komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
2   1.   Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan- perhitungan.
     2.  RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisadiakses secaraacakatau random, dan masih banyak lg komponen ang ada didalam CPU.
3. Strukur CPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu :

     1.  Arithmetic and Logic Unit (ALU)

                Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Unit Logika dan Aritmatika. Bagian ini mempunyai tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi. ALU sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasamesin

     2.  Control Unit

Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

      3. Registers

Registers merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.
  
      4.  CPU Interconections

CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU. Komponen internal CPU diantaranya.
      a. sistem memori utama,
      b.  sistem masukan/keluaran (input/output),
      c.  dan sistem-sistem lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai CPU yang dapat saya tulis, bila ada kesalahan kata, pengertian dan kekuranganya mohon dimaafkan karena saya masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran sangat saya harapkan pada kalian dan semoga bermanfaat amiiin.


Sumber: http://www.academia.edu/8509702/MAKALAH_CPU_2

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CPU (Central Processing Unit) ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 09 September 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan CPU (Central Processing Unit)
 

2 komentar: