SISTEM BUS



       Ya kembali lagi bersama saya omat baee kali ini saya akan menjelaskan mengenai Sistem BUS,ok langsung saja mari kita simak bersama sama.


   System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.


Interkoneksi Bus – Struktur Bus


     Sebuah bus biasanya terdiri atas beberapa saluran. Sebagai contoh bus data terdiri atas 8 saluran sehingga dalam satu waktu dapat mentransfer data 8 bit. Secara umum fungsi saluran bus dikatagorikan dalam tiga bagian, yaitu :

• Saluran data

• Saluran alamat


• Saluran kontrol

Pola Interkoneksi
Saluran Data

       Lintasan bagi perpindahan data antar modul. Secara kolektif lintasan ini disebut bus data. Umumnya jumlah saluran terkait dengan panjang word, misalnya 8, 16, 32 saluran. Tujuanny agar mentransfer word dalam sekali waktu.

      Jumlah saluran dalam bus data dikatakan lebar bus, dengan satuan bit, misal lebar bus 16 bit.


Saluran Alamat (Address Bus)

• Digunakan untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data pada bus       data.
• Digunakan untuk mengirim alamat word pada memori yang akan diakses   CPU.
• Digunakan untuk saluran alamat perangkat modul komputer saat CPU     mengakses suatu modul
• Semua peralatan yang terhubung dengan sistem komputer, agar dapat   diakses harus memiliki alamat.Contoh : mengakses port I/O, maka     port I/O harus memiliki alamat hardware-nya


Saluran kontrol (Control Bus)

      Digunakan untuk mengontrol bus data, bus alamat dan seluruh modul yang ada.Karena bus data dan bus alamat digunakan oleh semua komponen maka diperlukan suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui bus kontrol ini.


Prinsip Operasi Bus:

1. Meminta penggunaan bus.
2. Apabila telah disetujui, modul akan memindahkan data yang            diinginkan ke modul yang dituju


     Demikian penjelasan singkat mengenai pendapat arsitektur menurut Von Neumann dan Harvard yang dapat saya tulis, bila ada kesalahan kata, pengertian dan kekuranganya mohon dimaafkan karena saya masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran sangat saya harapkan pada kalian dan semoga bermanfaat amiiin.





Sumber: http://azrymulia.blogspot.co.id/2013/03/sistem-bus.html

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SISTEM BUS ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 02 Oktober 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SISTEM BUS
 

0 komentar:

Posting Komentar